Langsung ke konten utama

ILMU SOSIAL DASAR DALAM BIDANG (PENDIDIKAN)


DAFTAR ISI
A. ABSTRAKSI PENDIDIKAN                                                                   
B. LATAR BELAKANG PENDIDIKAN                                                     
C. TUJUAN PENDIDIKAN                                                                         
D. PROGRAM PENDIDIKAN SOSIAL                                                    
E. LEMBAGA – LEMBAGA                                                                       
F. RUANG LINGKUP                                                                                  
G. KESIMPULAN                                                                                         
H. DAFTAR PUSTAKA                                                                               










A. ABTRAKSI PENDIDIKAN
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.
-         Filosofi Pendidikan
Pendidikan biasanya berawal saat seorang bayi itu dilahirkan dan berlangsung seumur hidup. Pendidikan bisa saja berawal dari sebelum bayi lahir seperti yang dilakukan oleh banyak orang dengan memainkan musik dan membaca kepada bayi dalam kandungan dengan harapan ia bisa mengajar bayi mereka sebelum kelahiran. Bagi sebagian orang, pengalaman kehidupan sehari-hari lebih berarti daripada pendidikan formal. Seperti kata Mark Twain, "Saya tidak pernah membiarkan sekolah mengganggu pendidikan saya. Anggota keluarga mempunyai peran pengajaran yang amat mendalam, sering kali lebih mendalam dari yang disadari mereka, walaupun pengajaran anggotakeluarga berjalan secara tidak resmi.

B. LATAR BELAKANG PENDIDIKAN
Pada hakekatnya pendidikan adalah upaya sadar dari suatu masyarakat dan pemerintah suatu negara untuk menjamin kelangsungan hidup dan kehidupan generasi penerusnya.Selaku warga masyarakat,warga bangsa dan negara,secara berguna dan bermakna serta mampu mengantisipasi hari depan mereka yang selalu berunah dan selalu terkait dengan konteks dinamika budaya,bangsa,negara dan hubungan international,maka pendidikan tinggi tidak dapat mengabaikan realita kehidupan yang mengglobal yang digambarka sebagai perubahan kehidupan yang penuh dengan paradoksal dan ketidak keterdugaan. Dalam kehidupan kampus di seluruh perguruan tinggi indonesia,harus dikembangkan menjadi lingkungan ilmiah yang dinamik,berwawasan budaya bangsa,bermoral keagamaan dan berkepribadian indonesia.Untuk pembekalan kepada para mahasiswa di indonesia berkenaan dengan pemupukan nilai-nilai,sikap dan kepribadian,diandalkan kepada pendidikan pancasila,Bela Negara,Ilmu Sosial Dasar,Ilmu Budaya Dasar dan Ilmu Alamiah Dasar sebagai latar aplikasi nilai dalma kehidupan,yang disebut Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MKPK).
C. TUJUAN PENDIDIKAN
Menurut Horton dan Hunt, lembaga pendidikan berkaitan dengan fungsi yang nyata (manifes) berikut:
§  Mempersiapkan anggota masyarakat untuk mencari nafkah.
§  Mengembangkan bakat perseorangan demi kepuasan pribadi dan bagi kepentingan masyarakat.
§  Melestarikan kebudayaan.
§  Menanamkan keterampilan yang perlu bagi partisipasi dalam demokrasi.
Fungsi laten lembaga pendidikan adalah sebagai berikut.
§  Mengurangi pengendalian orang tua. Melalui pendidikan, sekolah orang tua melimpahkan tugas dan wewenangnya dalam mendidik anak kepada sekolah.
§  Menyediakan sarana untuk pembangkangan. Sekolah memiliki potensi untuk menanamkan nilai pembangkangan di masyarakat. Hal ini tercermin dengan adanya perbedaan pandangan antara sekolah dan masyarakat tentang sesuatu hal, misalnya pendidikan seks dan sikap terbuka.
§  Mempertahankan sistem kelas sosial. Pendidikan sekolah diharapkan dapat mensosialisasikan kepada para anak didiknya untuk menerima perbedaan prestiseprivilese, dan status yang ada dalam masyarakat. Sekolah juga diharapkan menjadi saluran mobilitas siswa ke status sosial yang lebih tinggi atau paling tidak sesuai dengan status orang tuanya.
§  Memperpanjang masa remaja. Pendidikan sekolah dapat pula memperlambat masa dewasa seseorang karena siswa masih tergantung secara ekonomi pada orang tuanya.
Menurut David Popenoe, ada empat macam fungsi pendidikan yakni sebagai berikut:
§  Transmisi (pemindahan) kebudayaan.
§  Memilih dan mengajarkan peranan sosial.
§  Menjamin integrasi sosial.
§  Sekolah mengajarkan corak kepribadian.
§  Sumber inovasi sosial.
D. PROGRAM PENDIDIKAN SOSIAL

1. Esensi PS
         Individu
         Satuan Sosial
2. Sasaran :
         Individu dalam satuan sosialnya keluarga, Kelompok, Masyarakat
3. Program
         Program pengembangan kemampuan individual
Pengembangan satuan sosial

Program Pendidikan Sosial
Harbinson
1.     Program pendidikan untuk meningkatkan kerja bagi yang tidak memiliki pekerjaan
2.     Program pendidikan bagi angkatan kerja untuk memasuki lapangan pekerjaan
3.     Memperluas dan meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pengetahuan, keterangan dan sikap terhadap dunia kerja.

Berdasarkan Pendekatan
1.     Pendekatan Pendidikan Perluasan
2.     Pendekatan Pengembangan Swadaya Masyarakat
3.     Pendekatan Latihan
4.     Pendekatan Pembangunan Terpadu

E. LEMBAGA – LEMBAGA YANG ADA HUGUNGANNYA DENGAN PENDIDIKAN SOSIAL
1. Lembaga-lembaga pemerintah
         Dikdasmen, Dikti, Depsos dll
         Bimbingan sosial, panti asuhan, panti karya dll
         Lembaga-lembaga pemasyarakatan pada Departemen Kehakiman.
2. Lembaga-lembaga Swasta
            NGO, Club-club pemuda, Partai-partai Swasta,
             Perkumpulan KB, Koperasi.

F. RUANG LINGKUP PENDIDIKAN SOSIAL

1.     Pendidikan perorangan di luar formal
         Anak-anak yang belum pernah seklah
         Anak-anak yang DO (dibawah 18 th)
         Orang-orang dewasa yang memerlukan edukasi.
2. Community Education
         Kegiatan pendidikan yang ditujukan kepada masyarakat sebagai satu lingkungan budaya

G. KESIMPULAN
Pendidikan adalah hal yang penting dalam pengembangan pembangunan dan kehidupan sosial di masyarakat. Masyarakat wajib untuk mendapatkan pendidikan karena dengan pendidikan, individual yang baik dan mengerti tentang arti sosialisasi akan tercipta.

F. DAFTAR PUSTAKA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 3 Bahasa Inggris Bisnis 2

Single-Board Computer A   single-board computer  ( SBC ) is a complete   computer   built on a single   circuit board , with   microprocessor (s),   memory ,   input/output (I/O) and other features required of a functional computer. " The   Raspberry Pi  is a series of   credit card -sized   single-board computers   developed in the   United Kingdom   by the   Raspberry Pi Foundation   with the intent to promote the teaching of basic   computer science   in schools and   developing countries ."

KSpread

KSpread  adalah aplikasi  spreadsheet  yang merupakan bagian dari  KOffice , paket office terintegrasi untuk desktop  KDE . Beberapa fitur KSpread antara lain: beberapa lembar kerja dalam satu dokumen, beragam kemungkinan pemformatan, dukungan untuk lebih dari 100 fungsi, template, diagram, pemeriksa ejaan, hyperlink dan pengurutan data. Format dokument KSpread adalah  XML , dikompresi dengan  zip . Namun, KSpread mempunyai kemampuan mengimpor spreadsheet dari format lain, termasuk  Microsoft Excel , Applix Spreadsheet,  Quattro Pro ,  CSV  dan  OpenOffice.org  Calc. Screenshot : Referensi : http://id.wikipedia.org/wiki/KSpread http://www.eng.uwaterloo.ca/twiki/bin/view/Linxus/KspreaD http://linux.softpedia.com/get/Text-Editing-Processing/Others/KSpread-20599.shtml http://bonadigambus.blogdetik.com/2010/08/25/pengolahangka/

Sistem Operasi IBM OS/2

IBM OS/2  adalah  sistem operasi  yang dibuat secara bersama-sama oleh  International Business Machine Corporation dan  Microsoft Corporation  (Sampai versi 1.2) , untuk digunakan pada komputer IBM  PS/2 , (pengganti komputer IBM PC/AT ), sebagai pengganti sistem operasi  DOS  yang telah lama digunakan. Kata  OS/2  adalah singkatan dari Operating System/2. Pengembangan sistem operasi ini dilakukan oleh kedua perusahaan tersebut, dengan menggunakan perjanjian  Joint Development Agreement  (JDA) yang ditandatangani pada tahun 1987. Sistem operasi tersebut didesain agar dapat menggunakan kemampuan penuh dari  mikroprosesor   Intel   80286 , termasuk di antaranya adalah  modus terproteksi  ( protected mode ), mampu menjalankan banyak tugas secara simultan ( multitasking ), serta mendukung memori  virtual, dengan tetap mempertahankan kompatibilitas dengan banyak  perangkat lunak   Wind...