DAFTAR ISI
A. ABTRAKSI FACEBOK
B. PENGERTIAN JEJARING SOSIAL
C. LATAR BELAKANG
D. PENGARUH FACEBOOK TERHADAP PENDIDIKAN
E. KESIMPULAN
F.
DAFTAR PUSTAKA
A. ABSTRAKSI FACEBOOK
Pengertian facebook menurut wikipedia berbahasa indonesia adalah
sebuah situs web jejaring sosial populer yang diluncurkan pada 4 Februari 2004.
Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa Harvard kelahiran 14
Mei 1984 dan mantan murid Ardsley High School.
Atau dapat juga diartikan facebook
adalah sebuah web jejaring sosial yang didirikan oleh mark zuckerberg dan
diluncurkan pada 4 Februari 2004 yang memungkinkan para pengguna dapat
menambahkan profil dengan foto, kontak, ataupun informasi personil lainnya dan
dapat bergabung dalam komunitas untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan
pengguna lainnya.
B. PENGERTIAN JEJARING
SOSIAL
Jejaring sosial adalah suatu struktur
sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang
umumnya adalah individu atau organisasi) yang dijalin dengan satu atau lebih
tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll.
Analisis jaringan jejaring sosial memandang
hubungan sosial sebagai simpul dan ikatan.
Simpul adalah aktor individu di dalam jaringan, sedangkan ikatan adalah
hubungan antar aktor tersebut. Bisa terdapat banyak jenis ikatan antar simpul.
Penelitian dalam berbagai bidang akademik telah menunjukkan bahwa jaringan
jejaring sosial beroperasi pada banyak tingkatan, mulai dari keluarga hingga negara, dan
memegang peranan penting dalam menentukan cara memecahkan masalah, menjalankan
organisasi, serta derajat keberhasilan seorang individu dalam mencapai
tujuannya.
Dalam bentuk yang paling sederhana, suatu
jaringan jejaring sosial adalah peta semua ikatan yang relevan antar simpul
yang dikaji. Jaringan tersebut dapat pula digunakan untuk menentukan modal sosial aktor individu. Konsep ini sering digambarkan
dalam diagram jaringan sosial yang mewujudkan simpul sebagai
titik dan ikatan sebagai garis penghubungnya.
C. LATAR BELAKANG
Dunia
facebook sekarang ini banyak dibincangkan dalam masyarakat umum. Terutama
dikalangan remaja. Tetapi tidak menutut kemungkinan kalau anak SD pun juga
mengenal cara berkomunikasi lewat dunia maya ini. Pada umumnya facebook (yang
lebih dikenal dengan FB) tersebut mampu menghipnotis ribuan remaja yang di
dunia ini, dengan waktu singkat facebook sudah mampu menarik minat masyarakat
untuk mencobanya. Tak segan-segan para ibu-ibu (orang tua) pun ikut terhipnotis
dalam pengaploadtan dunia maya tersebut. Padahal banyak dampak positif dan
negative yang dapat kita temukan dalam melakukan atau berhubungan di dunia maya
dengan jejaring internet yang di kenal dengan facebook (FB) tersebut.
Kita
dapat lihat dari pengaruh dampak positif dan negative facebook dalam pendidikan
terhadap perkembangan tingkah laku remaja saat ini. Banyak remaja yang
terjerumus dalam jejering social tersebut. Mereka pada umumnya hanya ingin
mencari teman dan sekedar mengapload status saja. Tetapi disini tidak sedikit
pada remaja menyalah gunakan facebook dalam memenuhi kepentingan mereka baik
pribadi maupun umum. Contohnya, seorang wanita dimana dia sangat mencintai
seorang lelaki, tetapi lelaki itu menyukai teman si wanita itu sendiri, karena
emosi yang dipengaruhi juga oleh rasa dendam sehingga si wanita ini meneror si
wanita yang disenangi oleh lelaki itu lewat jejaring sosial facebook tersebut.
Sehingga karena merasa takut, si wanita ini melaporkannya ke kantor pilisi atas
dasar pencemaran nama baik. Disinilah dampak negative dari jejaring sosial
facebook tersebut. Anak-anak remaja juga demikian. Mereka sering larut dalam
facebook, sampai melupakan kegiatan mereka sebagai seorang pelajar. Bukan hanya
ini saja dmpak negatifnya, masih banyak dampak-dampak negative lainnya. Dimana
dapat merugikan banyak orang terutapa dalam dunia pendidikan. Sebab pendidikan
yang selama ini ka dapatkan yang seharusnya juga dapat mendidik moral dan juga
dapat menumbuhkembangkan norma dalam diri kita, akan menjadi sia-sia. Hanya
karena pengaruh jejaring sosial facebook. Jika kita dapat berfikir secara
formal, jejaring sosial facebook (FB) ini dapat memotifasi diri kita sendiri
agar lebih baik dan tanpa merugikan pendidikan yang telah kita dapatkan, jika
kita mampu memanfaatkan dunia jejaring tersebut dengan arif yang berdasarkan
atas norma-norma yang ada. Sehingga tidak aka nada lagi orang yang dirugikan
oleh jejaring sosial ini dan justru akan berdampak positif bagi kita.
D. PENGARUH
FACEBOOK TERHADAP PENDIDIKAN
Facebook
(FB) merupakan jejaring sosial yang juga dimanfaatkan untuk mengapload status,
dan juga merupakan alat berkomunikasi modern. Facebook (FB) ini telah banyak
menarik minat kaum masyarakat pada umumnya. Facebook juga telah menghipnotis
ribuan bahkan jutaan remaja di dunia ini termasuk anak-anak pun kini telah
mengenal facebook tersebut. Facebook ini pertama kali berada di Negara Amerika
yang kemudian masuk ke Negara Indonesia. Facebook ini pun mampu merubah pola
tingkah laku yang biasa menjadi tidak biasa. Dalam kita berhubungan dengan
facebook kita akan tahu dampak positif dan negative dari facebook dalam
pendidikan terhadap pengembangan tingkah laku remaja. Kita dapat tentukan
sebagai berikut:
Ø Dampak
positif facebook.
Facebook
berdampak positif dalam pendidikan yang akan mempengaruhi tingkah laku para
remaja, salah satunya adalah:
1. Facebook dapat memudahkan kita mengetahui
kejadian-kejadian yang belum tersiar dalam media cetak maupun media elektronik.
2. Melalui facebook kita dapat berinteraksi
secara cepat.
3. Kita dapat mengetahui wajah lawan kita
berinteraksi.
4. Dalam facebook kita juga dapat dengan
mudah mengapload masalah-masalah tentang pendidikan sehingga dapat membantu dan
memotifasi diri kita menjadi semangat dalam belajar.
Ø Dampak
negative facebook.
Facebook
tidak akan selalu berdampak positif. Kadang kala ada dampak negative yang
sangat perpengaruh pada dunia pendidikan yang kemudian akan mempengaruhi
pengembangan tingkah laku para remaja, diantaranya:
1. Dapat merusak mental para remaja dalam
melakukan suatu tindakan.
2. Melalui facebook tindak kejahatan dan
pelecehan terhadap remaja kerap terjadi.
3. Para remaja khususnya para pelajar,
seringkali melupakan kegiatannya bebagai seorang pelajar, karena terhipnotis
oleh facebook.
Cara
mengatasi dampak negative facebook dalam pendidikan terhadap pengembangan
tingkah laku remaja.
1. Para orang tua harus bisa internetan
supaya mengetahui dampak negatifnya dan selanjutnya mengawasi anaknya guna
memastikan tidak terkena dampak dari teknologi internet.”
2. Hindari namanya konflik karna bsa membawa
masalah bagi pemakai facebook.
3. Menggunakan situs facebook untuk
kepentingan yang bermanfaat.
E.
KESIMPULAN
Kesimpulan
yang dapat saya tarik, berdasarkan pembahasan diatas adalah hindarilah namanya
kecanduan facebook, maniak facebaook, gila facebook secara berlebihan bisa
merusak mental si anak apalagi yang masih menginjak masa sekolah di karenakan
situs ini di lakukan secara berlebihan untuk si pemakai akan berdampak buruk
dan lupa diri, lupa pada ia kerjakan dan memberi dampak yang sangat besar maka
dari itu usahakan mempergunakan facebook secara positif dan bermanfaat.
F.
DAFTAR PUSTAKA
http://mietanievz.blogspot.com
id.wikipedia.org
Komentar
Posting Komentar