Langsung ke konten utama

Interaksi Manusi dan Komputer

Tugas Softskill
Interaksi manusia dan computer adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana mendesain, mengevaluasi, dan mengimplementasikan system computer yang interaktif sehingga dapat digunakan oleh manusia dengan mudah. Sedangkan pengertian interaksi sendiri adalah komunikasi dua arah antara manusia(user) dan system komputer.
Definisi interaksi manusia dan computer adalah sebuah hubungan antara manusia dan computer yang mempunyai karakteristik tertentu untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan menjalankan sebuah system yang bertopengkan sebuah antarmuka(interface).

Awal munculnya istilah interaksi manusia dan computer, yaitu :

1. Tahun 1950-an. Pertama kali diperkenalkan secara komersil.
2. Tahun 1970-an. Komputer pribadi(PC), maka berkembanglah penggunaan   teknologi ini secara cepat dan mengagumkan ke berbagai penjuru (pendidikan,  perdagangan, perusahaan dll) dan muncul isu teknik antarmuka pengguna (userinterface).
3. Pada tahun 1980an. Pertengahan baru di perkenalkan istilah IMK

Dalam IMK kurang lebih terdapat tujuh disiplin ilmu, yaitu :

1. Teknik Elektronika dan Ilmu Komputer.
Memberikan kerangka kerja untuk dapat merancang system HCI.
2. Psikologi.
Memahami sifat dan kebiasaan, persepsi dan pengolahan kognitif, ketrampilan motorik pengguna.
3. Desain Grafis dan Tipografi.
Sebuah gambar dapat bermakna sama dengan seribu kata. Gambar dapat digunakan sebagai sarana dialog cukup efektif antara manusia dan komputer.
4. Ergonomik.
Berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman, misal: bentuk meja dan kursi kerja, layar tampilan, bentuk keyboard, posisi duduk, pengaturan lampu, kebersihan tempat kerja.
5. Antropologi.
Ilmu pengetahuan tentang manusia, member suatu pandangan tentang cara kerja berkelompok yang masing–masing anggotanya dapat memberikan konstribusi sesuai dengan bidangnya.
6. Linguistik.
Merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang bahasa. Untuk melakukan dialog diperlukan sarana komunikasi yang memadai berupa suatu bahasa khusus, misal bahasa grafis, bahasa alami, bahasa menu, bahasa perintah.
7. Sosiologi.
Studi tentang pengaruh sistem hubungan manusia-komputer dalam struktur sosial, misal adanya PHK karena adanya otomasi kantor.

Prinsip utama dalam mendesain interface yang baik ada sebelas, yaitu :

1. User Compatibility.
Desainer harus mencari dan mengumpulkan berbagai karakteristik serta sifat dari user karena antarmuka harus disesuaikandengan user yang jumlahnya bisa jadi lebih dari satu dan mempunyai karakter yang berbeda.
2. Product Compatibility.
Sebuah aplikasi yang bertopengkan antarmuka harus sesuai dengan sistem aslinya. Seringkali sebuah aplikasi menghasilkan hasil yang berbeda dengan sistem manual atau sistem yang ada.
3. Task Compatibility.
Sebuah aplikasi yang bertopengkan antarmuka harus mampu membantu para user dalam menyelesaikan tugasnya. Semua pekerjaan serta tugas-tugas user harus diadopsi di dalam aplikasi tersebut melalui antarmuka.
4. Work Flow Compatibility.
Sebuah aplikasi sistem sudah pasti mengapdopsi sistem manualnya dan didalamnya tentunya terdapat urutan kerja dalam menyelesaikan pekerjaan.
5. Consistensy.
Sebuah sistem harus sesuai dengan sistem nyata serta sesuai dengan produk yang dihasilkan. Banyak perusahaan dalam menjalankan sistemnya menggunakan aplikasi sistem yang berbeda di setiap divisi dalam perusahaan tersebut.
6. Familiarity.
Sifat manusia mudah mengingat dengan hal-hal yang sudah sering dilihatnya atau didapatkannya. Secara singkat disebut dengan familiar. Antarmuka sebisa mungkin didesain sesuai dengan antarmuka pada umumnya, dari segi tata letak, model, dsb.
7. Simplicity.
Kesederhanaan perlu diperhatikan pada saat membangun antarmuka. Tidak selamanya antarmuka yang memiliki menu banyak adalah antarmuka yang baik.
8. Direct Manipulation.
User ingin sekali aplikasi yang dihadapannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan, sifat dan karakteristik user tersebut. Selain itu, sifat dari user yang suka merubah atau mempunyai rasa bosan.
9. Control.
Prinsip control ini berkenaan dengan sifat user yang mempunyai tingkat konsentrasi yang berubah-ubah. Hal itu akan sangat mengganggu proses berjalannya sistem. Prinsip control ini berkenaan dengan sifat user yang mempunyai tingkat konsentrasi yang berubah-ubah. Hal itu akan sangat mengganggu proses berjalannya sistem.
10. WYSIWYG.
WYSIWYG = what you see is what you get = apa yang didapat adalah apa yang dilihatnya. Contoh : apa yang tercetak di printer merupakan informasi yang terkumpul dari data-data yang terlihat di layar monitor pada saat mencari data.
11. Flexibility.
Fleksibel merupakan bentuk dari dari solusi pada saat menyelesaikan masalah. Software engineer dapat membuat berbagai solusi penyelesaian untuk satu masalah.


Contoh IMK dalam kehidupan sehari – hari :
-Penggunaan Automatic Teller Machine (ATM) 
-Penggunaan Laser Pada Operasi Medis

Pada ATM yang biasa kita gunakan juga merupakan sebuah Interaksi Manusia dan juga Komputer. Pada sebuah ATM kita dapat melihat sebuah sistem antarmuka (Interface), kita dapat melihat menu-menu yang tesedia pada layar ATM. Melakukan transfer, cek saldo, dsb.

Pada bidang kedokteran IMK juga banyak berperan, seperti Sistem pakar, Operasi medis menggunakan bantuan laser,dsb. Mesin yang telah di desain (coding) sedemikian rupa akan di jalankan untuk melakukan operasi. Spesialis (dokter) melakukan penentuan koordinat pada bagian tubuh yang akan di lakukan operasi. Maka, input atau yang di lakukan Dokter ini akan di terima oleh Mesin, dan akan langsung segera di lakukan pembedahan.
Pengaruh IMK

Pengaruh IMK pada masa sekarang dipandang dari 2 sudut, yaitu :
1. Sudut Kemanusiaan
  - manusia memiliki kelemahan, artinya tanpa alat bantu seperti komputer, maka pekerjaan
    manusia akan berjalan lambat dan tidak akurat.
  - kesalahan dalam mengoperasikan komputer akan mengakibatkan kehilangan waktu,
    kehilangan uang, kehilangan semangat, bahkan bisa kehilangan nyawa jika melibatkan
    sistem yang kritikal.
2. Sudut Sosial
  Komputer memberikan sumbangan yang besar dalam kehidupan manusia dan tidak boleh
  diabaikan, seperti dalam hal pembelajaran (analisa), dan mengirimkan robot ke luar angkasa.
ILMU GRAFIK KOMPUTER
Ilmu computer yang mempelajari manipulasi visual dan pembuatan gambar secara digital di sebut dengan grafik computer. Bentuk sederhana dari grafik computer adalah gambar 2D yang merupakan bentuk awal dari hasil kerja computer graphics. Pada gilirannya teknologi 2D tersebut berkembang menjadi grafik computer 3D yang lebih heboh dan canggih.
Ilmu Komputer Grafik adalah visualisasi data yang merupakan nama lain dari grafik computer membagi cabang ilmu komputer menjadi dua bagian besar yakni : pattern recognition dan image proccesing (pengenalan pola dan pemrosesan citra ). Sedangkan yang termsuk dalam disiplin ilmu ini antara lain ialah : geometri (gambar permukaaan bidang), animasi (manipulasi gerak), rendering (efek cahaya dan algoritma) dan ciitra atau imaging (penyunting gambar).
Visualisasi terhadap obyek di dunia nyata ke dalam obyek grafis merupakan salah satu bentuk pemanfaatan teknologi grafis computer yang banyak di gunakan dewasa ini. Demikian halnya pemanfaatan pada fractal yang merupakan implementasi real dari teknologi grafik komputer untuk membuat aplikasi desain benda tertentu.
Film Animasi
Film pertama dengan penggunaan teknologi penuh ilmu grafik komputer  di sebut oleh The Walt Disney Company pada tahun 1995. Adalah film animasi berjudul Toys Story yang kemudian menjadi pemicu bagi studio animasi digital lain seperti : Dream Works, Blue Sky Studio (FOX), Onation Studios (Paramount Pictures), DNA Production (Columbia Pictures) untuk memproduksi film animasi sejenis.
CGI atau singkatan dari Computer Generated Imagery adalah aplikasi computer  grafis yang menjadi kunci pembuatan dari film-film tersebut. Pembuatan gambar 3D di ikuti berbagai efek yang di inginkan secara lengkap adalah keunggulan dari software ini. CGI mempunyai beberapa perangkat lunak yang terkenal seperti : Blender, Maya dan Art Of Illusion
Anda pasti pernah menyaksikan film The Lord Of The Rings di mana di film itu Boromir (di perankan Sean Bean) memiliki wajah yang lebih pucat ketika mati. Polesan ini bukanlah trik kosmetik melainkan polesan komputer dengan menggunakan efek CGI tertentu yang disebut dengan digital grading. Ia mampu merevisi warna bawaan hasil shooting agar di sesuaikan dengan tuntutan sekenario.
Dengan kemajuan teknologi grafik computer yang sudah sedemikian dahsyat dewasa ini bahkan tokoh ciptaan komputer pun bias mirip mendekati aslinya. Mulai dari bentuk, gerak hingga ekspresi wajah cantik, senang, sedih ataupun haru yang seolah real padahal ia hanyalah gambar digital hasil rekayasa grafik komputer.
ANIMASI
Animasi merupakan salah satu bagian grafika komputer yang menyajikan tampilan-tampilan yang sangat atraktif juga merupakan sekumpulan gambar yang ditampilkan secara berurutan dengan cepat untuk mensimulasi gerakan yang hidup. Pemanfaatan animasi dapat ditujukan untuk simulasi, menarik perhatian pemakai komputer pada bagian tertentu dari layar, memvisualisasikan cara kerja suatu alat atau menampilkan keluaran program dengan gambar-gambar yang menarik dibanding dengan sederetan angka, serta tidak ketinggalan untuk program-program permainan.
Pada dasarnya, animasi adalah transformasi objek yang di mana semua titik pada sembarang objek akan diubah sesuai dengan aturan tertentu, sementara sistem koordinatnya tetap. Implementasi pada animasi dapat dikerjakan secara interaktif maupun non interaktif. Dibandingkan animasi non interaktif, animasi interaktif memberikan tampilan yang lebih menarik dan dinamis. Pada animasi interaktif, pergerakan objek mengikuti perintah yang diberikan oleh pemakai lewat perangkat interaktif. Sedangkan animasi non interaktif, pergerakan objek hanya dikendalikan dari prosedur yang ada di dalam sebuah program. Untuk animasi interaktif kebanyakan digunakan untuk program-program permainan, sedangkan animasi non interaktif kebanyakan untuk melakukan simulasi objek.
Pembuatan animasi masih dilakukan secara sederhana dan konvensional dengan cara menggerakkan beberapa gambar secara bergantian dan cepat sebelum tahun 1970-an. Gambar tersebut masih menggunakan lukisan tangan atau menggunakan foto dari serangkaian kejadian. Hingga pada akhir tahun 1970-an, seorang ahli program bernama Julain Gomez mengembangkan sebuah program khusus untuk animasi. Pengembangan program tersebut dilakukan di negara bagian Ohio, Amerika Serikat.
Komputer digital yang berkembang pesat sangat mempengaruhi proses pengerjaan animasi. Animasi kemudian membentuk suatu bidang baru dalam ilmu komputer yaitu grafika komputer yang dapat digunakan untuk menggambarkan cara kerja suatu alat dan menampilkan keluaran program berupa gambar yang lebih hidup dan interaktif. Animasi banyak digunakan pada berbagai bidang seperti bidang perekayasaan, arsitektur, ekonomi, kedokteran, dan lain-lain.
Animasi yang bagus dihasilkan dari gambar yang cukup banyak agar gambar yang dihasilkan akan tampak gerakan yang berkesan halus. Dalam hal ini, maka gambar-gambar tersebut haruslah berpindah posisi sekecil mungkin agar pada perubahan atau pergantian gambar terlihat lebih menarik dan bagus. Selain itu diperlukan juga kecepatan tertentu untuk tampilan gambar yang akan dibuat dalam animasi. Hal ini tergantung pada jumlah gambar yang diberikan. Kecepatan yang dimaksud yaitu begitu satu gambar ditampilkan maka akan berganti gambar berikutnya dengan kecepatan tertentu. Makin cepat pergantian antara satu gambar dengan gambar berikutnya maka akan menghasilkan gerakan gambar yang semakin halus.
NETWORK INTERFACE CARD
Sebuah network interface card, lebih sering disebut sebagai NIC, adalah perangkat yang memungkinkan komputer untuk bergabung bersama dalam LAN, atau jaringan area lokal. Jaringan komputer saling berkomunikasi menggunakan protokol tertentu untuk transmisi paket data antara komputer yang berbeda, yang dikenal sebagai node. Fungsi network interface card adalah sebagai penghubung bagi komputer untuk mengirim dan menerima data pada LAN.
Bahasa yang paling umum untuk protokol LAN ini adalah Ethernet, kadang-kadang disebut sebagai IEEE 802.3. Salah satu protokol yang kurang digunakan adalah Token Ring. Ketika membangun sebuah LAN, network interface card harus diinstal di setiap komputer pada jaringan dan semua NIC di jaringan harus dirancang dalam arsitektur yang sama.
Ethernet network interface card dipasang dalam slot yang tersedia di dalam komputer. NIC memberikan alamat unik yang disebut MAC (media access control) ke komputer. Mac pada jaringan digunakan untuk mengarahkan lalu lintas antara komputer. Pelat belakang network interface card port yang terlihat mirip dengan jack telepon, tetapi sedikit lebih besar. Port ini mengakomodasi kabel Ethernet, yang menyerupai versi tebal dari saluran telepon standar.
Ethernet kabel harus dijalankan dari setiap network interface card ke hub sentral atau switch. Bertindak seperti hub atau switch relay, dilewati informasi antara komputer yang menggunakan alamat MAC dan memungkinkan sumber daya seperti printer dan scanner untuk dibagikan bersama dengan data.
Sebuah network interface card tidak harus menggunakan penghubung kabel. Ethernet nirkabel misalnya, diinstal dengan memiliki antena kecil untuk memancarkan gelombang penghubung antar komputer. Kartu ini berkomunikasi dengan saklar pusat atau hub nirkabel melalui gelombang radio. Wireless LAN mungkin memiliki beberapa pembatasan tergantung pada bangunan sekitarnya. Sebagai contoh, dinding dapat memblokir sinyal antara network interface card jaringan dan hub atau switch.

Ketika membeli komponen untuk LAN, pastikan NIC dan hub atau switch memiliki kemampuan yang sama. Seluruh jaringan baik kabel atau nirkabel harus dipilih salah satu atau sebaiknya menggunakan setting sejenis karena network interface card nirkabel tidak dapat berkomunikasi dengan sebuah switch kabel atau hub.

Bagi mereka yang ingin untuk menghubungkan LAN yang terletak di berbagai wilayah daerah, kota atau negara, ATM (asynchronous transfer mode) dapat membuat jaringan luas atau WAN dengan menghubungkan LAN secara bersama. LAN masih dibangun dengan network interface card di setiap jaringan komputer, tapi ATM menggunakan akses internet broadband untuk menghubungkan LAN ke switch ATM secara online. Jenis ATM WAN ini yang kemudian disebut sebagai pengertian Internetwork.

Referensi :
http://a67532.wordpress.com/2010/10/27/interaksi-manusia-dan-komputer/
http://agussale.com/penjelasan-mengenai-apa-itu-network-interface-card
http://17l1ch4.blogspot.com/2011/10/mengenal-ilmu-grafik-komputer.html



Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERKEMBANGAN ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER

PERKEMBANGAN ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER  . Pengertian Komputer   Komputer   adalah alat yang dipakai untuk mengolah   data   menurut perintah yang telah dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan per hitungan aritmatika , dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada   mesin   itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah   aritmatika , tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan   matematika . Secara luas, Komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. Adapun komponen komputer adalah meliputi : Layar Monitor, CPU, Keyboard, Mouse dan Printer (sbg pelengkap). Tanpa printer komputer tetap dapat melakukan tugasnya

KSpread

KSpread  adalah aplikasi  spreadsheet  yang merupakan bagian dari  KOffice , paket office terintegrasi untuk desktop  KDE . Beberapa fitur KSpread antara lain: beberapa lembar kerja dalam satu dokumen, beragam kemungkinan pemformatan, dukungan untuk lebih dari 100 fungsi, template, diagram, pemeriksa ejaan, hyperlink dan pengurutan data. Format dokument KSpread adalah  XML , dikompresi dengan  zip . Namun, KSpread mempunyai kemampuan mengimpor spreadsheet dari format lain, termasuk  Microsoft Excel , Applix Spreadsheet,  Quattro Pro ,  CSV  dan  OpenOffice.org  Calc. Screenshot : Referensi : http://id.wikipedia.org/wiki/KSpread http://www.eng.uwaterloo.ca/twiki/bin/view/Linxus/KspreaD http://linux.softpedia.com/get/Text-Editing-Processing/Others/KSpread-20599.shtml http://bonadigambus.blogdetik.com/2010/08/25/pengolahangka/

Tugas 3 Bahasa Inggris Bisnis 2

Single-Board Computer A   single-board computer  ( SBC ) is a complete   computer   built on a single   circuit board , with   microprocessor (s),   memory ,   input/output (I/O) and other features required of a functional computer. " The   Raspberry Pi  is a series of   credit card -sized   single-board computers   developed in the   United Kingdom   by the   Raspberry Pi Foundation   with the intent to promote the teaching of basic   computer science   in schools and   developing countries ."