Tugas Softskill
Interaksi manusia dan computer adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana mendesain, mengevaluasi, dan mengimplementasikan system computer yang interaktif sehingga dapat digunakan oleh manusia dengan mudah. Sedangkan pengertian interaksi sendiri adalah komunikasi dua arah antara manusia(user) dan system komputer.
Interaksi manusia dan computer adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana mendesain, mengevaluasi, dan mengimplementasikan system computer yang interaktif sehingga dapat digunakan oleh manusia dengan mudah. Sedangkan pengertian interaksi sendiri adalah komunikasi dua arah antara manusia(user) dan system komputer.
Definisi interaksi manusia dan
computer adalah sebuah hubungan antara manusia dan computer yang mempunyai
karakteristik tertentu untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan menjalankan
sebuah system yang bertopengkan sebuah antarmuka(interface).
Awal munculnya istilah interaksi manusia dan computer, yaitu :
1. Tahun 1950-an. Pertama kali diperkenalkan secara komersil.
2. Tahun 1970-an. Komputer pribadi(PC), maka berkembanglah
penggunaan teknologi ini secara cepat
dan mengagumkan ke berbagai penjuru (pendidikan, perdagangan, perusahaan dll) dan muncul isu
teknik antarmuka pengguna (userinterface).
3. Pada tahun 1980an. Pertengahan baru di perkenalkan istilah IMK
Dalam IMK kurang lebih terdapat
tujuh disiplin ilmu, yaitu :
1. Teknik Elektronika dan Ilmu
Komputer.
Memberikan kerangka kerja untuk
dapat merancang system HCI.
2. Psikologi.
Memahami sifat dan kebiasaan,
persepsi dan pengolahan kognitif, ketrampilan motorik pengguna.
3. Desain Grafis dan Tipografi.
Sebuah gambar dapat bermakna sama
dengan seribu kata. Gambar dapat digunakan sebagai sarana dialog cukup efektif
antara manusia dan komputer.
4. Ergonomik.
Berhubungan dengan aspek fisik
untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman, misal: bentuk meja dan kursi
kerja, layar tampilan, bentuk keyboard, posisi duduk, pengaturan lampu,
kebersihan tempat kerja.
5. Antropologi.
Ilmu pengetahuan tentang manusia,
member suatu pandangan tentang cara kerja berkelompok yang masing–masing
anggotanya dapat memberikan konstribusi sesuai dengan bidangnya.
6. Linguistik.
Merupakan cabang ilmu yang
mempelajari tentang bahasa. Untuk melakukan dialog diperlukan sarana komunikasi
yang memadai berupa suatu bahasa khusus, misal bahasa grafis, bahasa alami,
bahasa menu, bahasa perintah.
7. Sosiologi.
Studi tentang pengaruh sistem
hubungan manusia-komputer dalam struktur sosial, misal adanya PHK karena adanya
otomasi kantor.
Prinsip utama dalam mendesain
interface yang baik ada sebelas, yaitu :
1. User Compatibility.
Desainer harus mencari dan
mengumpulkan berbagai karakteristik serta sifat dari user karena antarmuka
harus disesuaikandengan user yang jumlahnya bisa jadi lebih dari satu dan
mempunyai karakter yang berbeda.
2. Product Compatibility.
Sebuah aplikasi yang bertopengkan
antarmuka harus sesuai dengan sistem aslinya. Seringkali sebuah aplikasi
menghasilkan hasil yang berbeda dengan sistem manual atau sistem yang ada.
3. Task Compatibility.
Sebuah aplikasi yang bertopengkan
antarmuka harus mampu membantu para user dalam menyelesaikan tugasnya. Semua
pekerjaan serta tugas-tugas user harus diadopsi di dalam aplikasi tersebut
melalui antarmuka.
4. Work Flow Compatibility.
Sebuah aplikasi sistem sudah
pasti mengapdopsi sistem manualnya dan didalamnya tentunya terdapat urutan
kerja dalam menyelesaikan pekerjaan.
5. Consistensy.
Sebuah sistem harus sesuai dengan
sistem nyata serta sesuai dengan produk yang dihasilkan. Banyak perusahaan
dalam menjalankan sistemnya menggunakan aplikasi sistem yang berbeda di setiap
divisi dalam perusahaan tersebut.
6. Familiarity.
Sifat manusia mudah mengingat
dengan hal-hal yang sudah sering dilihatnya atau didapatkannya. Secara singkat
disebut dengan familiar. Antarmuka sebisa mungkin didesain sesuai dengan
antarmuka pada umumnya, dari segi tata letak, model, dsb.
7. Simplicity.
Kesederhanaan perlu diperhatikan
pada saat membangun antarmuka. Tidak selamanya antarmuka yang memiliki menu
banyak adalah antarmuka yang baik.
8. Direct Manipulation.
User ingin sekali aplikasi yang
dihadapannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan, sifat dan karakteristik user
tersebut. Selain itu, sifat dari user yang suka merubah atau mempunyai rasa
bosan.
9. Control.
Prinsip control ini berkenaan
dengan sifat user yang mempunyai tingkat konsentrasi yang berubah-ubah. Hal itu
akan sangat mengganggu proses berjalannya sistem. Prinsip control ini berkenaan
dengan sifat user yang mempunyai tingkat konsentrasi yang berubah-ubah. Hal itu
akan sangat mengganggu proses berjalannya sistem.
10. WYSIWYG.
WYSIWYG = what you see is what
you get = apa yang didapat adalah apa yang dilihatnya. Contoh : apa yang
tercetak di printer merupakan informasi yang terkumpul dari data-data yang terlihat
di layar monitor pada saat mencari data.
11. Flexibility.
Fleksibel merupakan bentuk dari
dari solusi pada saat menyelesaikan masalah. Software engineer dapat membuat
berbagai solusi penyelesaian untuk satu masalah.
Contoh IMK dalam kehidupan sehari – hari :
-Penggunaan Automatic Teller Machine (ATM)
-Penggunaan Laser Pada Operasi Medis
Pada ATM yang biasa kita gunakan juga merupakan sebuah
Interaksi Manusia dan juga Komputer. Pada sebuah ATM kita dapat melihat sebuah
sistem antarmuka (Interface), kita dapat melihat menu-menu yang tesedia pada
layar ATM. Melakukan transfer, cek saldo, dsb.
Pada bidang kedokteran IMK juga banyak berperan, seperti
Sistem pakar, Operasi medis menggunakan bantuan laser,dsb. Mesin yang telah di
desain (coding) sedemikian rupa akan di jalankan untuk melakukan operasi.
Spesialis (dokter) melakukan penentuan koordinat pada bagian tubuh yang akan di
lakukan operasi. Maka, input atau yang di lakukan Dokter ini akan di terima
oleh Mesin, dan akan langsung segera di lakukan pembedahan.
Pengaruh
IMK
Pengaruh
IMK pada masa sekarang dipandang dari 2 sudut, yaitu :
1.
Sudut Kemanusiaan
- manusia memiliki kelemahan, artinya tanpa alat bantu seperti komputer, maka
pekerjaan
manusia akan berjalan lambat dan tidak akurat.
- kesalahan dalam mengoperasikan komputer akan mengakibatkan kehilangan waktu,
kehilangan uang, kehilangan semangat, bahkan bisa kehilangan nyawa jika
melibatkan
sistem yang kritikal.
2.
Sudut Sosial
Komputer memberikan sumbangan yang besar dalam kehidupan manusia dan tidak
boleh
diabaikan, seperti dalam hal pembelajaran (analisa), dan mengirimkan robot ke
luar angkasa.
ILMU
GRAFIK KOMPUTER
Ilmu computer yang mempelajari manipulasi visual dan
pembuatan gambar secara digital di sebut dengan grafik computer. Bentuk
sederhana dari grafik computer adalah gambar 2D yang merupakan bentuk awal dari
hasil kerja computer graphics. Pada gilirannya teknologi 2D tersebut berkembang
menjadi grafik computer 3D yang lebih heboh dan canggih.
Ilmu Komputer Grafik adalah visualisasi data yang
merupakan nama lain dari grafik computer membagi cabang ilmu komputer menjadi
dua bagian besar yakni : pattern recognition dan image proccesing (pengenalan
pola dan pemrosesan citra ). Sedangkan yang termsuk dalam disiplin ilmu ini
antara lain ialah : geometri (gambar permukaaan bidang), animasi (manipulasi
gerak), rendering (efek cahaya dan algoritma) dan ciitra atau imaging
(penyunting gambar).
Visualisasi terhadap obyek di dunia nyata ke dalam obyek
grafis merupakan salah satu bentuk pemanfaatan teknologi grafis computer yang
banyak di gunakan dewasa ini. Demikian halnya pemanfaatan pada fractal yang
merupakan implementasi real dari teknologi grafik komputer untuk membuat
aplikasi desain benda tertentu.
Film
Animasi
Film pertama dengan penggunaan teknologi penuh ilmu
grafik komputer di sebut oleh The Walt
Disney Company pada tahun 1995. Adalah film animasi berjudul Toys Story yang
kemudian menjadi pemicu bagi studio animasi digital lain seperti : Dream Works,
Blue Sky Studio (FOX), Onation Studios (Paramount Pictures), DNA Production
(Columbia Pictures) untuk memproduksi film animasi sejenis.
CGI atau singkatan dari Computer Generated Imagery adalah
aplikasi computer grafis yang menjadi
kunci pembuatan dari film-film tersebut. Pembuatan gambar 3D di ikuti berbagai
efek yang di inginkan secara lengkap adalah keunggulan dari software ini. CGI
mempunyai beberapa perangkat lunak yang terkenal seperti : Blender, Maya dan
Art Of Illusion
Anda pasti pernah menyaksikan film The Lord Of The Rings
di mana di film itu Boromir (di perankan Sean Bean) memiliki wajah yang lebih
pucat ketika mati. Polesan ini bukanlah trik kosmetik melainkan polesan
komputer dengan menggunakan efek CGI tertentu yang disebut dengan digital
grading. Ia mampu merevisi warna bawaan hasil shooting agar di sesuaikan dengan
tuntutan sekenario.
Dengan kemajuan teknologi grafik computer yang sudah
sedemikian dahsyat dewasa ini bahkan tokoh ciptaan komputer pun bias mirip
mendekati aslinya. Mulai dari bentuk, gerak hingga ekspresi wajah cantik,
senang, sedih ataupun haru yang seolah real padahal ia hanyalah gambar digital
hasil rekayasa grafik komputer.
ANIMASI
Animasi merupakan salah satu bagian grafika komputer yang
menyajikan tampilan-tampilan yang sangat atraktif juga merupakan sekumpulan
gambar yang ditampilkan secara berurutan dengan cepat untuk mensimulasi gerakan
yang hidup. Pemanfaatan animasi dapat ditujukan untuk simulasi, menarik
perhatian pemakai komputer pada bagian tertentu dari layar, memvisualisasikan
cara kerja suatu alat atau menampilkan keluaran program dengan gambar-gambar
yang menarik dibanding dengan sederetan angka, serta tidak ketinggalan untuk
program-program permainan.
Pada dasarnya, animasi adalah transformasi objek yang di
mana semua titik pada sembarang objek akan diubah sesuai dengan aturan
tertentu, sementara sistem koordinatnya tetap. Implementasi pada animasi dapat
dikerjakan secara interaktif maupun non interaktif. Dibandingkan animasi non
interaktif, animasi interaktif memberikan tampilan yang lebih menarik dan
dinamis. Pada animasi interaktif, pergerakan objek mengikuti perintah yang
diberikan oleh pemakai lewat perangkat interaktif. Sedangkan animasi non
interaktif, pergerakan objek hanya dikendalikan dari prosedur yang ada di dalam
sebuah program. Untuk animasi interaktif kebanyakan digunakan untuk
program-program permainan, sedangkan animasi non interaktif kebanyakan untuk
melakukan simulasi objek.
Pembuatan animasi masih dilakukan secara sederhana dan
konvensional dengan cara menggerakkan beberapa gambar secara bergantian dan
cepat sebelum tahun 1970-an. Gambar tersebut masih menggunakan lukisan tangan
atau menggunakan foto dari serangkaian kejadian. Hingga pada akhir tahun
1970-an, seorang ahli program bernama Julain Gomez mengembangkan sebuah program
khusus untuk animasi. Pengembangan program tersebut dilakukan di negara bagian
Ohio, Amerika Serikat.
Komputer digital yang berkembang pesat sangat
mempengaruhi proses pengerjaan animasi. Animasi kemudian membentuk suatu bidang
baru dalam ilmu komputer yaitu grafika komputer yang dapat digunakan untuk
menggambarkan cara kerja suatu alat dan menampilkan keluaran program berupa
gambar yang lebih hidup dan interaktif. Animasi banyak digunakan pada berbagai
bidang seperti bidang perekayasaan, arsitektur, ekonomi, kedokteran, dan
lain-lain.
Animasi yang bagus dihasilkan dari gambar yang cukup
banyak agar gambar yang dihasilkan akan tampak gerakan yang berkesan halus.
Dalam hal ini, maka gambar-gambar tersebut haruslah berpindah posisi sekecil
mungkin agar pada perubahan atau pergantian gambar terlihat lebih menarik dan
bagus. Selain itu diperlukan juga kecepatan tertentu untuk tampilan gambar yang
akan dibuat dalam animasi. Hal ini tergantung pada jumlah gambar yang
diberikan. Kecepatan yang dimaksud yaitu begitu satu gambar ditampilkan maka
akan berganti gambar berikutnya dengan kecepatan tertentu. Makin cepat
pergantian antara satu gambar dengan gambar berikutnya maka akan menghasilkan
gerakan gambar yang semakin halus.
NETWORK
INTERFACE CARD
Sebuah network interface card, lebih sering disebut
sebagai NIC, adalah perangkat yang memungkinkan komputer untuk bergabung
bersama dalam LAN, atau jaringan area lokal. Jaringan komputer saling berkomunikasi
menggunakan protokol tertentu untuk transmisi paket data antara komputer yang
berbeda, yang dikenal sebagai node. Fungsi network interface card adalah
sebagai penghubung bagi komputer untuk mengirim dan menerima data pada LAN.
Bahasa yang paling umum untuk protokol LAN ini adalah
Ethernet, kadang-kadang disebut sebagai IEEE 802.3. Salah satu protokol yang
kurang digunakan adalah Token Ring. Ketika membangun sebuah LAN, network
interface card harus diinstal di setiap komputer pada jaringan dan semua NIC di
jaringan harus dirancang dalam arsitektur yang sama.
Ethernet network interface card dipasang dalam slot yang
tersedia di dalam komputer. NIC memberikan alamat unik yang disebut MAC (media
access control) ke komputer. Mac pada jaringan digunakan untuk mengarahkan lalu
lintas antara komputer. Pelat belakang network interface card port yang
terlihat mirip dengan jack telepon, tetapi sedikit lebih besar. Port ini
mengakomodasi kabel Ethernet, yang menyerupai versi tebal dari saluran telepon
standar.
Ethernet kabel harus dijalankan dari setiap network
interface card ke hub sentral atau switch. Bertindak seperti hub atau switch
relay, dilewati informasi antara komputer yang menggunakan alamat MAC dan
memungkinkan sumber daya seperti printer dan scanner untuk dibagikan bersama
dengan data.
Sebuah network interface card tidak harus menggunakan
penghubung kabel. Ethernet nirkabel misalnya, diinstal dengan memiliki antena
kecil untuk memancarkan gelombang penghubung antar komputer. Kartu ini
berkomunikasi dengan saklar pusat atau hub nirkabel melalui gelombang radio.
Wireless LAN mungkin memiliki beberapa pembatasan tergantung pada bangunan
sekitarnya. Sebagai contoh, dinding dapat memblokir sinyal antara network interface
card jaringan dan hub atau switch.
Ketika membeli komponen untuk LAN, pastikan NIC dan hub
atau switch memiliki kemampuan yang sama. Seluruh jaringan baik kabel atau
nirkabel harus dipilih salah satu atau sebaiknya menggunakan setting sejenis
karena network interface card nirkabel tidak dapat berkomunikasi dengan sebuah
switch kabel atau hub.
Bagi mereka yang ingin untuk menghubungkan LAN yang
terletak di berbagai wilayah daerah, kota atau negara, ATM (asynchronous
transfer mode) dapat membuat jaringan luas atau WAN dengan menghubungkan LAN
secara bersama. LAN masih dibangun dengan network interface card di setiap
jaringan komputer, tapi ATM menggunakan akses internet broadband untuk
menghubungkan LAN ke switch ATM secara online. Jenis ATM WAN ini yang kemudian
disebut sebagai pengertian Internetwork.
Referensi :
http://a67532.wordpress.com/2010/10/27/interaksi-manusia-dan-komputer/
http://agussale.com/penjelasan-mengenai-apa-itu-network-interface-card
http://17l1ch4.blogspot.com/2011/10/mengenal-ilmu-grafik-komputer.html
http://agussale.com/penjelasan-mengenai-apa-itu-network-interface-card
http://17l1ch4.blogspot.com/2011/10/mengenal-ilmu-grafik-komputer.html
Komentar
Posting Komentar