Pengertian
Game Engine (Mesin Game)
Engine
bukanlah executable program, artinya engine tidak bisa dijalankan sebagai
program yang berdiri sendiri. Diperlukan sebuah program utama sebagai entry
point atau titik awal jalannya program. Pada C++, entry point-nya adalah fungsi
‘main().’ Biasanya program utama ini relatif pendek, jadi game engine adalah
program yang ‘memotori’ jalannya suatu program game. Kalau game diilustrasikan
sebagai ‘musik’ yang keluar dari mp3 player, maka engine adalah ‘mp3 player’
dan program utama adalah ‘data mp3’ yang dimasukkan ke dalam mp3 player
tersebut.
Ada
banyak mesin permainan yang dirancang untuk bekerja pada konsol permainan video
dan sistem operasi desktop seperti Microsoft Windows, Linux, dan Mac OS X.
fungsionalitas inti biasanya disediakan oleh mesin permainan mencakup mesin
render (“renderer”) untuk 2D atau 3D.
Di
dalam game engine, terdapat fungsi-fungsi atau modul-modul, antara lain :
· Rendering
engine
· Physical
engine (collision detection)
· Sound
script
· Animation
· Artificial intelegenct
· Network
· Streaming
· Memory
management
· Scene
graph
Sejarah
Game Engine
Dalam
istilah bidang komputer, game engine adalah sebuah software inti
yang digunakan sebagai komponen utama dalam pembuatan video game. Umumnya
sebuah game engine dibuat untuk menangani rendering dan
beberapa teknologi penting lainnya, namun game engine juga
dapat menangani tugas seperti game AI, collision detection antara game
object,sound dan lainnya. Beberapa engine game pada
umumnya menyediakan fasilitas graphics rendering( 2D atau 3D
). Engine yang menyediakan fasilitas real time 3D rendering biasanya
dinamakan engine 3D.
Asal
muasal game engine muncul pada pertengahan tahun 1990, kata
ini erat kaitannya dengan game 3 dimensi misalnya First
Person Shooter ( FPS ). Setelah game – game 3
dimensi Quake dan Doom ( id software )
keluar, para developer cenderung untuk menglisensigame engine dan
memfokuskan ke pembuatan grafik, suara, gameplay, dan design
game,dibandingkan harus memulainya dari nol lagi. Game – game generasi
berikutnya seperti misalnyaQuake 3 dan Unreal Tournament, sejak
awal didesain, game ini memisahkan antara code game dengan asset
game (
gambar, suara, model 3 dimensi ) dengan tujuan agar developer – developer
gamelainnya dapat membuat game sebanyak mungkin dengan
hanya mengganti – ganti asset tanpa harus mengubah struktur
dasar engine tersebut sehingga produktivitas akan lebih
meningkat, mengurangi biaya untuk operasional dan sangat membantu untuk
mendukung kemajuan industrigame.
Unity 3D adalah sebuah
game engine yang berbasis cross-platform. Unity dapat digunakan untuk membuat
sebuah game yang bisa digunakan pada perangkat komputer, ponsel pintar android,
iPhone, PS3, dan bahkan X-BOX.
Unity adalah sebuah sebuah tool yang terintegrasi untuk membuat game, arsitektur bangunan dan simulasi. Unity bisa untuk games PC dan games Online. Untuk games Online diperlukan sebuah plugin, yaitu Unity Web Player, sama halnya dengan Flash Player pada Browser.
Unity tidak dirancang untuk proses desain atau modelling, dikarenakan unity bukan tool untuk mendesain. Jika ingin mendesain, pergunakan 3D editor lain seperti 3dsmax atau Blender. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan unity, ada fitur audio reverb zone, particle effect, dan Sky Box untuk menambahkan langit.
Fitur scripting yang disediakan, mendukung 3 bahasa pemrograman, JavaScript, C#, dan Boo. Flexible and EasyMoving, rotating, dan scaling objects hanya perlu sebaris kode. Begitu juga dengan Duplicating, removing, dan changing properties. Visual Properties Variables yang di definisikan dengan scripts ditampilkan pada Editor. Bisa digeser, di drag and drop, bisa memilih warna dengan color picker. Berbasis .NET. Artinya penjalanan program dilakukan dengan Open Source .NET platform, Mono.
Unity adalah sebuah sebuah tool yang terintegrasi untuk membuat game, arsitektur bangunan dan simulasi. Unity bisa untuk games PC dan games Online. Untuk games Online diperlukan sebuah plugin, yaitu Unity Web Player, sama halnya dengan Flash Player pada Browser.
Unity tidak dirancang untuk proses desain atau modelling, dikarenakan unity bukan tool untuk mendesain. Jika ingin mendesain, pergunakan 3D editor lain seperti 3dsmax atau Blender. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan unity, ada fitur audio reverb zone, particle effect, dan Sky Box untuk menambahkan langit.
Fitur scripting yang disediakan, mendukung 3 bahasa pemrograman, JavaScript, C#, dan Boo. Flexible and EasyMoving, rotating, dan scaling objects hanya perlu sebaris kode. Begitu juga dengan Duplicating, removing, dan changing properties. Visual Properties Variables yang di definisikan dengan scripts ditampilkan pada Editor. Bisa digeser, di drag and drop, bisa memilih warna dengan color picker. Berbasis .NET. Artinya penjalanan program dilakukan dengan Open Source .NET platform, Mono.
Gambar diatas menampilkan lembar kerja dari unity 3.5. versi gratis. Pada setiap project Unity terdapat sebuah Assets folder. Isi dari Assets folder ditampilkan dalam bentuk panel project dalam editor unity. Assets folder adalah tempat untuk menyimpan semua komponen dari game seperti tingkatan game (level scenes), scripts, 3D models, teksture, dan file audio.
Untuk menambahkan assets ke dalam project, cukup dengan menarik (drag) file yang ingin ditambahkan ke dalam panel project. Atau dengan memilih menu Assets->Import New Asset. Untuk membuat scene baru, gunakan tombol Control-N (pada keyboard). Untuk menyimpan scene yang sedang aktif, gunakan Control-S (pada keyboard).
Panel Hierarchy menampung semua GameObject yang terdapat di Scene yang sedang aktif. Beberapa dari GameObject tersebut berhubungan langsung ke asset seperti objek 3D. Objek yang terdapat pada hierarchy dapat di seleksi dan dihapus. Jika objek dihapus atau ditambahkan pada scene, maka objek tersebut juga akan hilang atau muncul pada hierarchy.
Unity menggunakan sebuah konsep yang disebut Parenting. Ini digunakan untuk membuat sebuah GameObject menjadi anak dari GameObject yang lain. Tarik sebuah gameobject dan pindahkan tepat di atas tulisan gameObject yang akan dijadikan parent dalam hierarchy. GameObject yang terdapat dalam sebuah gameObject lainnya akan mengikuti perpindahan dan perputaran ketika gameObject parent mengalami perubahan posisi.
Untuk mendapatkan software ini secara gratis, dapat mengunjungi situs resminya di unity3d.com
Referensi :
Komentar
Posting Komentar